Senin, 14 November 2016

Manfaat Bawang Merah Dibidang Pertanian

Didunia ini tidak ada tanaman yang tidak bermanfaat, semua tanaman itu bermanfaat hanya saja ada beberapa tanaman yang belum duketahui manfaatnya sehingga sering di anggap sebagai gulma (tanaman pengganggu). Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas manfaat dari bawang merah. Bawang merah yang biasanya digunakan untuk memasak adalah tanaman yang termasuk golongan Famili Liliacease dan Genus Allium. Bawang merah memiliki banyak manfaat, seperti pada bidang kesehatan, bawang merah dapat digunakan sebagai obat demam, batuk, dan sebagai perlindungan terhadap sel kangker.

Pada bidang pertanian sendiri bawang merah dapat digunakan sebagi ZPT (zat pengatur tumbuh) alami. Sebenarnya ada berbagai macam zpt sintetis di pasaran, namun apa salahnya kita mencoba sesuatu yang alami. Bawang merah dapat di gunakan sebagai zpt karena pada bawang merah menagndung Allicin, Vitamin B1 (Thiamin) yang berguna untuk pertumbuhan tunas, selain itu bawang merah juga mengandung zpt Auxin dan Rhizokalin yang dapat merangsang pertumbuhan akar. Thiamin dan Allicin akan membentuk ikatan allithiamin yang mudah diserap oleh sel tanaman yang akan memicu pertumbuhan tunas dan daun. Sedangkan hormon Auxin akan memacu protein tertentu yang dapat mengaktifkan enzime untuk menginisialisasi pemanjangan sel tumbuhan.

Menurut saya ada 3 cara penggunaan bawang merah sebagai zpt, yaitu:
  1. Bawang merah sebanyak 1 kg dikupas dan di cuci, kemudian blender bawang merah tersebut sampai halus. Setelah halus, ambil ekstrak bawang merah. Lalu tanaman stek yang akan kita tanam direndam kedalam eksrak bawang merah tersebut selama 6-7 jam atau bisa di oleskan pada bagian yang akan ditancapkan pada media tanam.
  2. Ambil 6-10 bawang merah, kupas dan bersihkan. Setelah bersih blender bawang merah tersebut lalu larutkan dalam 1 liter air. Renadam stek batang pada larutan selama 6-12 jam. Anda juga bisa memasukan ekstrak bawang putih sebagai funisida alami sebanyak 50% dari konsentrasi bawang merah.
  3. Ekstrak bawang merah juga dapat di semprotkan, dengan cara melarutkan 200ml - 400ml ekstrak bawang merah pada 5 liter air.


Itulah manfaat bawnag merah untuk pertanian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar